Wabup Tinjau Lokasi Bencana Alam di Desa Janji Lobi 

Wakil Bupati (Wabup) Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu .CHt.MM.M.S  bersama Sekda Arpan Nasution.S.Sos dan sejumlah pimpinan OPD melakukan peninjauan kelokasi bencana di Desa Janji Lobi ,Kecamatan Barumun .

Palas ,desernews.com – Wakil Bupati (Wabup) Padang lawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu .CHt.MM.M.S  bersama Sekda Arpan Nasution.S.Sos dan sejumlah pimpinan OPD, menijau lokasi bencana alam di Desa Janji Lobi ,Kecamatan Barumun ,Selasa (16/3/2021)

Dalam peninjauan tersebut ,Wabup menyaksikan ratusan hektar lahan perkebunan dan areal persawahan yang berada dikawasan daerah aliran sungai (DAS) Aek Ampung  Torop

Kanal sungai yang sebelimnya lebar 7meter ,pasca banjir berubah menjadi lebar menjadi 30 meter dengan kondisi air cukup deras

Akibat banjir pipanisasi PAM Simas sarana air bersih rusak sekitar 400 meter ,lahan perkebunan dan pertanian masyarakat lebih kurang 100 hektar .

“Beginilah kondisi perkebunan dan pertanian masyarakat ,setelah pasca banjir yang merusak tanaman sawit dan padi petani yang rusak disapu bajir sehingga hanya tersisa lumpur dan balok -balok kayu diareal lahan masyarakat ,”kata Tokoh Masyarakat Ginda Hasibuan

Menurut Ginda , bencana banjir telah melulu lantakan areal perkebunan dan pertanian masyarakat sehingga berdampak terpuruknya ekonomi warga di Desa Janji Lobi ini .

Ginda menjelaskan, tidak hanya areal perkebunan dan pertanian yang rusak ,tetapi akses jalan menuju lokasi perkebunan sepanjang 2500 meter yang rusak parah sehingga warga tidak bisa lagi kekebun .

Kami berharap , memberikan perhatian bantuan perbaikan akses jalan , bantuan bibit sawit dan dilaksanakan normalisasi sungai ,kata Ginda didampingi salah seorang warga Mhd Lian .

Sedangkan akses jalan kelokasi perkebunan dan pertanian masyarakat , masih belum bisa di lalui kendaraan. Disebabkan akses jalan ditimbun kayu balok melintang dan batu -batu yang menutup badan jalan tersebut ,bebernya

Wabup Zarnawi disela peninjauan mengatakan, upaya yang akan dilakukan prioritas perbaikan akses jalan kelokasi pertanian agar bisa mengeluarkan hasil produksi pertanian

Memperbaiki aliran air dengan banjir membuat aliran air lari semula akan diantisipasi dengan pembangunan tebing bronjong untuk menanggulangi antisipasi banjir susulan .

Selain itu ,kata Wabup ,akan memperbaiki saluran pipanisasi PAM Simas sepanjang 400 meter akan diperbaiki sehingga kebutuhan air minum masyarakat dapat terpenuhi serta kebutuhan air untuk masyarakat beribadah dimasjid tidak terganggu untuk kebutuhan airnya .

Wabup juga menghimbau , masyarakat melaksanajaj gotong royong dan masyarakat bersedia memberikan pembebasan lahan yang terkena pembagunan yang dilaksanakan .

“Berharap kepada masyarakat tetap siaga karena akhir-akhir ini cuaca sangat ekstrem untuk menjaga keselamatan dari bencana alam ,”ujar Wabup

Masyarakat juga dihimbau ,tidak melakukan penebangan liar dihulu  sungai serta tidak membuka lahan pertanian dengan cara melakukan penebangan kayu -kayu yang ada ,tandasnya (ISN/DN)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih