Polres Palas Sigap Bantu Korban Banjir Kecamatan Barumun Baru 

Kasat Sabhara Polres Padanglawas ,AKP Mhd Husni Yusuf menggendong bocah untuk menyelamatkan dari kepungan banjir di Desa Siolip

PALAS, desernews.com

Personel Polres Padanglawas  (Palas) sigap turun ke lokasi banjir membantu evakuasi warga kelokasi yang aman untuk menghindari dari banjir setinggi 80 cm tersebut di  Kecamatan  Barumun Baru, Kabupaten Padanglawas.

Banjir yang melanda enam desa yaitu Desa Binabo Jae, Desa Siolip, Desa Sabarimba, Desa Hasahatan Julu, Desa Sigorbus Julu, dan Desa Sigorbus Jae, terjafu sekitar pukul 04.30 WIB, Sabtu (27/3/2021) pagi.

Pantauan di lapangan, personil Polres langsung terjun kelokasi  untuk memberi bantuan mengevakuasi warga korban banjir ke tempat yang lebih aman, baik pria, wanita utamanya kepada para  anak-anak.

Kapolres Palas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK, melalui Kasat Sabhara, AKP. Muhammad Husni Yusuf, SH, mengatakan pihaknya terus berupaya membantu warga yang terdampak banjir, terutama warga yang terjebak di lokasi banjir.

Selanjutnya, kata Yusuf, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan masyarakat yang terdampak banjir untuk memberikan bantuan korban banjir dienam desa tersebut.

” Semua personil  Polres Palas turut perihatin atas kejadian ini, para  korban banjir  diberi semangat untuk tetap kuat dan sabar,” ujar yusuf.

Ditempat terpisah,Kepala Desa Siolip, Kholid Nasution mengatakan kejadiannya sekira pukul 04.30 WIB, akibat meluapnya Sungai Barumun karena faktor entensitas hujan yang cukup tinggi  saat ini.

Disebut Kholid, meluapnya Sungai Barumun itu mengakibatkan terendam  pemukiman warga Desa Siolip sebanyak  70 persen, dengan rata-rata air setinggi lutut orang dewasa.

“Alhamdulillah, situasi banjir saat ini  sudah mulai surut, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut dan berkat  bantuan dari semua pihak dapat teratasi dengan baik,”katanya.

Kholid menceritakan, setiap musim hujan masyarakatnya selalu merasa was-was dan khawatir terhadap  terjang meluap air sungai barumun.Pasalnya, pemukiman warga sebagian berada didekat  Daerah Aliran Sungai (DAS) Barumun  yang hanya berjarak lebih kurang lebih 50M.

“Pemerintah desa dan masyaraka Siolip, berharap kepada pemerintah mengeruk dan melancarkan DAS sekaligus membuat dek penaham banjir , untuk mengatisipasi  terjadinya terjangan air sungai barumun ke desa,”harap Kholid.

Kepala Desa Siolip mengucapkan terima kasih  kepada Polres Palas dan Pemda serta semua elemen peduli bencana yang telah memberikan bantuan kepada kami didesa ini,pungkasnya.(ISN/DN)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih