Advertisement

Miftachul Akhyar mundur, MUI Tidak Miliki Ketua Umum

Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas saat ditemui di kantor PP Muhammadiyah di Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).

Jakarta, desernews.com
Wakil Ketua Umum (Waketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyatakan bahwa saat ini MUI tidak memiliki ketua umum.

Pasalnya, Ketua Umum MUI, Miftachul Akhyar telah menyatakan mengundurkan diri. Meski mundur, status Miftachul masih tetap menjadi ketua umum nonaktif.

“MUI enggak punya ketum. Miftachul Akhyar mundur. Jadi beliau tetap ketua umum, tapi ketua umum nonaktif,” ujar Anwar saat ditemui di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).

Pengunduran diri Miftachul, menurut Anwar, telah ditolak MUI. Menurut dia, pengunduran diri itu baru akan diterima pada saat MUI menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada 2025 mendatang.

“Pengunduran beliau itu di dalam Munas 2025, karena beliau kan dulu dipilih oleh munas. 2025 nanti diterima mundurnya,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan mengonfirmasi bahwa permohonan pengunduran diri Miftachul Akhyar dari kursi Ketua Umum MUI ditolak.

Hal ini berdasarkan Rapat Pimpinan MUI yang dihelat Selasa (15/3/2022).

“Surat permohonan pengunduran diri Ketum MUI sudah dibahas dalam rapim. Secara aklamasi dan mufakat beliau diputuskan tetap sebagai ketua umum,” ujar Amirsyah, Rabu (16/3/2022).

“Artinya permohonan mundur sebagai Ketum MUI tidak terima atau ditolak karena amanah Munas MUI X beliau memimpin MUI 2000-2025,” lanjutnya.

Amirsyah melanjutkan, Miftachul merupakan ulama yang rendah hati, tawaduk, dan mengayomi.

Karakteristik tersebut membuatnya sebagai pemimpin umat, baik sebagai Rais Aam di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) maupun MUI.

“Beliau sebagai pemimpin umat baik sebagai Rais Aam di NU maupun di MUI dibutuhkan untuk mempersatukan umat di tengah suasana umat dan bangsa menghadapi pemulihan ekonomi,” ujar Amirsyah.(kmp/DN)

Berita Terkait

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih