Advertisement

Kota Madinah Memilki Keistimewaan Dunia Akhirat

Kota Madinah Al-Munawaroh di lihat dari kejauhan

dessernews.com
Madinah, kota yang juga dikenal sebagai Madinah al-Munawwarah atau Kota yang Bercahaya, adalah salah satu kota suci bagi umat Islam.

Kota ini merupakan kota hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah dan tempat beliau dimakamkan.

Kota ini juga menjadi saksi sejarah perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya.

Madinah memiliki banyak keistimewaan dan keunikan yang membuatnya menjadi kota yang penuh berkah dan keajaiban.

Suasana Masjid Nabawi di Malam Hari

Berdasarkan dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa di antara keistimewaannya :

– Madinah adalah tanah haram dan tempat yang aman. Rasulullah SAW pernah mendoakan agar Madinah terpelihara dari wabah taun dan demam.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa Madinah akan dijaga oleh para malaikat dari dimasuki oleh Dajjal pada akhir zaman, hanya orang-orang yang beriman dan bersih hatinya yang boleh memasuki kota ini.

– Madinah adalah tempat turunnya wahyu dan tempat al-Quran diturunkan. Sebagian besar ayat-ayat al-Quran diturunkan di Madinah, terutama ayat-ayat yang berkaitan dengan hukum-hukum syariat, perang, dan politik.

Di Madinah juga terdapat masjid-masjid bersejarah yang menjadi tempat turunnya wahyu, seperti Masjid Quba, Masjid Qiblatayn, Masjid Nabawi, dan lain-lain.

– Madinah adalah tempat kembalinya iman. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa iman akan kembali ke Madinah seperti ular kembali ke lubangnya.

Di Madinah, orang-orang akan merasakan ketenangan, kedamaian, dan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya. Di Madinah juga terdapat banyak ziarah makam para sahabat, tabiin, dan ulama yang menjadi teladan bagi umat Islam.

Para Jemaah Haji Tahun 2023 asal Kota Tebing Tinggi, terlihat beristirahat usai melaksanakan ibadah di Taman Kota Masjid Nabawi.

– Madinah adalah tempat yang penuh berkah. Rasulullah SAW pernah mendoakan agar Madinah diberkahi dalam segala hal. Salat di Masjid Nabawi lebih utama dari seribu kali salat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.

Siapa yang salat empat puluh kali secara berturut-turut di Masjid Nabawi akan dibebaskan dari api neraka, diselamatkan dari siksa, dan dijauhkan dari kemunafikan.

– Madinah adalah tempat yang penuh keajaiban. Di Madinah terdapat banyak fenomena alam yang menunjukkan kebesaran Allah SWT.

Di antaranya adalah fenomena tanah surga, yaitu tanah di sekitar makam Rasulullah SAW yang memiliki warna putih bersih dan tidak bercampur dengan tanah lain. Fenomena lain adalah fenomena air zamzam yang tidak pernah habis meskipun diminum oleh jutaan orang setiap tahunnya.

Madinah adalah contoh kota yang berhasil menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi warganya maupun pengunjungnya.

Dengan berbagai keistimewaan dan keunikan yang dimilikinya, tidak heran jika Madinah menjadi salah satu kota teraman di dunia, kota ini menawarkan pengalaman yang unik dan berkesan bagi warganya maupun pengunjungnya.

Jika Anda ingin merasakan sendiri bagaimana hidup di salah satu kota teraman di dunia, Anda bisa mengunjungi Madinah sebagai destinasi wisata Anda.

Selain dari sudut pandang umat Islam, kota Madinah juga mendapat pengakuan dan apresiasi dari dunia internasional.

Terlihat jemaah memberi makan burung merpati diseputaran Masjid Nabawi, unggas kesayangan Siti Aisyah Puteri Rasulullah SAW.

Berikut adalah beberapa sudut pandang dunia tentang kota Madinah :

– Madinah adalah kota yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Kota ini merupakan salah satu kota tertua di dunia, yang telah ada sejak zaman pra-Islam.

Kota ini juga menjadi saksi perkembangan peradaban Islam, yang telah memberikan kontribusi besar bagi dunia dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, sastra, dan lain-lain, kota ini juga memiliki banyak situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO, seperti Masjid Nabawi, Masjid Quba, dan Masjid Qiblatayn.

– Madinah adalah kota yang memiliki toleransi dan kerukunan antaragama. Kota ini merupakan tempat tinggal bagi berbagai kelompok etnis dan agama, seperti Arab, Yahudi, Kristen, dan lain-lain, kota ini juga memiliki konstitusi pertama di dunia, yaitu Piagam Madinah, yang mengatur hubungan sosial, politik, dan ekonomi antara kaum Muslimin dan non-Muslimin.

Konstitusi ini menghormati hak-hak dasar setiap individu dan kelompok, serta menjamin kebebasan beragama dan berpendapat.

– Madinah adalah kota yang memiliki potensi dan prestasi yang mengagumkan. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar dan terpenting di Arab Saudi, dengan populasi sekitar 1,5 juta jiwa, kota ini juga merupakan pusat pendidikan, perdagangan, industri, dan pariwisata di wilayah Hejaz.

Para Jamaah Haji berswafoto di Beranda Masjid Nabawi di bawah payung yang sangat luas.

Kota ini memiliki banyak universitas dan lembaga penelitian yang berkualitas, seperti Universitas Islam Madinah, Universitas Taibah, dan Pusat Penelitian King Abdullah, kota ini juga memiliki bandara internasional modern yang melayani jutaan penumpang setiap tahunnya.

Madinah adalah kota yang memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan yang membuatnya menjadi kota teraman di dunia.

Kota ini tidak hanya dicintai oleh umat Islam, tetapi juga dihormati dan dikagumi oleh dunia. Kota ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin, yaitu rahmat bagi seluruh alam.
H. Suhartoyo.
Dari berbagai sumber.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih