Advertisement

Kaesang Sambangi DPP PKS Terkait Pilkada, Jokowi Bicara Restu Lagi

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep saat menyambangi kantor DPP PKS.

Jakarta, desernews.com
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, mendatangi kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta Selatan, pada Senin (8/7/2024) sore.

Menurut Kaesang, kedatangannya ke markas PKS itu dalam rangka memenuhi undangan dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Adapun ajakan silaturahmi yang PKS layangkan ke PSI demi mencari kesepahaman mengenai isu politik, sekaligus membahas potensi kolaborasi, termasuk dalam Pilkada Serentak 2024.

“Silaturahmi tidak boleh putus, kami datang memenuhi undangan Presiden PKS,” ujar Kaesang. Sejauh ini, nama Kaesang digadang-gadang maju pada Pilkada Jakarta atau Pilkada Jawa Tengah (Jateng).

Bahkan, PKS telah blak-blakan mendoakan supaya Kaesang bisa maju dalam kontestasi pilkada, baik di Jateng maupun Jakarta. Sementara itu, pada hari yang sama, Jokowi selaku ayah Kaesang kembali mengungkit doa dari orangtua terkait anaknya itu maju pada pilkada atau tidak.

Saat terakhir kali Jokowi berbicara restu kepada anaknya, yakni pada akhir Oktober 2023, beberapa hari kemudian, Gibran Rakabuming Raka ditunjuk menjadi cawapres Prabowo Subianto.

PKS sebut duet Anies-Kaesang menarik
Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyebut, duet Anies Baswedan-Kaesang Pangarep menarik untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Hal tersebut Syaikhu sampaikan setelah PKS menggelar pertemuan tertutup dengan Kaesang dan para petinggi PSI.

“Ya sangat menarik, tetapi semua kan dalam rangka kalau di PKS itu harus diputuskan dalam musyawarah dalam DPTP (Dewan Pengurus Tingkat Pusat),” ujar Syaikhu di Kantor DPP PKS.

Hanya saja, kata dia, dalam musyawarah DPTP PKS, telah diambil keputusan bahwa PKS akan mendukung duet Anies Baswedan-Sohibul Iman. Jika ada usulan baru yang masuk untuk didukung di Jakarta, Syaikhu menegaskan usulan tersebut harus dibahas lagi di tingkat DPTP PKS.

“Tentu kita harus bahas kembali di DPTP, apakah setuju atau tidak. Jadi ini mekanisme yang ada di PKS, saya kira sudah jelas seperti itu,” ucap dia.

Didoakan maju di Jakarta atau Jateng
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan, pihaknya mendoakan agar Kaesang bisa maju pada Pilkada Serentak 2024. Terkait apakah Kaesang akan maju di Jakarta atau Jateng, Aboe menyebut hal tersebut mudah diatur. Apalagi, kata dia, Kaesang berhasil menunjukkan taringnya di berbagai survei.

“Kayaknya kita baik-baik saja sama Kaesang ya, enggak ada apa-apa dan enggak ada yang perlu diklarifikasi, tenang-tenang saja. Saya yakin dan percaya, hari ini Kaesang menunjukkan giginya, di Jateng sudah sangat signifikan. Kita doakan saja semoga Beliau bisa jadi (maju) di Jateng. Kalaupun mau di Jakarta ya tinggal diatur saja,” ujar Aboe. “Amin,” timpal Kaesang.

Kaesang lantas meminta semua pihak untuk bersabar, apakah dirinya akan maju pada Pilkada Jakarta atau Jateng. Meski begitu, Kaesang bersyukur hasil surveinya di Jateng tinggi.

“Mengenai saya tadi, Jakarta ataupun Jawa Tengah, sabar,” ucap dia. “Ya kita lihat. Tapi alhamdulillah surveinya bagus,” kata Kaesang.

Survei Kaesang di Jateng “ngeri” Sebelum pertemuan tertutup dimulai, Sekjen PKS Aboe sempat menyinggung hasil survei Kaesang di Jateng. Aboe menyebut elektabilitas yang Kaesang raih di Jateng ‘mengerikan’. Aboe bahkan bertanya-tanya mengenai respons Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi jika melihat survei hari ini. Luthfi merupakan salah satu sosok yang disebut akan maju Cagub Jateng.

“Sehat, Sang?” tanya Aboe. “Harus sehat,” kata Kaesang. “Mantap,” ucap Aboe. “Enggak boleh enggak fresh. Dari Solo saya,” kata Kaesang.

“Tapi survei hari ini saya lihat ngeri bos,” kata Aboe. “Wahaha ampun,” balas Kaesang. “Besok nih Jateng, tuiing, nomor 1. Ini loh. LSI loh,” ucap Aboe. “Charta juga,” kata Kaesang menambahkan.

Menurut survei yang dirilis LSI, Kaesang memperoleh elektabilitas tertinggi dengan 15,9 persen, disusul Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi 12, 9 persen. Dalam Survei yang dipublikasi Indikator Politik Indonesia, Kaesang juga menempati urutan pertama dengan 22,8 persen lalu, juga disusul Luthfi dengan 18, 7 persen.

Restu Jokowi
Jokowi sebenarnya tidak berkomentar banyak ketika dimintai tanggapan soal peluang anak bungsunya, Kaesang, maju sebagai calon gubernur pada Pilkada 2024. Ketika ditanya soal restu kepada Kaesang untuk maju pada Pilkada 2024, Jokowi mengatakan bahwa tugas orangtua hanya mendoakan.

“Tugasnya orangtua itu hanya mendoakan,” kata Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Jawaban serupa juga sempat dilontarkan Jokowi pada Oktober 2023 ketika putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, dikabarkan akan menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

“Orangtua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui. Keputusan semua sudah dewasa, jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita,” ucap Jokowi di Surabaya, 22 Oktober 2023.

Pencalonan Gibran pada Pilpres 2024 dan kandidasi Kaesang pada Pilkada 2024 punya cerita yang hampir mirip.

Keduanya berhak maju setelah ada perubahan aturan terkait pencalonan presiden dan wakil presiden maupun kepala daerah. Gibran (36) berhak maju sebagai calon wakil presiden setelah Mahkamah Konstitusi menurunkan syarat usia calon presiden dan wakil presiden dari 40 tahun menjadi 35 tahun.

Sementara itu, Kaesang (29) dapat mencalonkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur setelah Mahkamah Agung (MA) mengubah aturan terkait syarat pencalonan kepala daerah.(kmp/DN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih