Advertisement

Jokowi Belum Bisa Pastikan Berkantor di IKN Nusantara Juli Ini

Jokowi belum bisa memastikan kapan berkantor di IKN karena kebutuhan listrik dan air belum siap. (Vico – Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, desernews.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum bisa memastikan kapan mulai berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Awalnya, ia dijadwalkan berkantor di IKN pada Juli 2024 ini.

Namun, terkini, Jokowi hanya menjawab ia akan mulai berkantor di IKN jika fasilitas atau kebutuhan dasar seperti listrik dan air sudah siap.

“Airnya sudah siap belum? listriknya sudah siap belum? tempatnya sudah siap belum? kalau siap, pindah,” kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7).

Jokowi mengklaim sudah menerima laporan rutin dari Kementerian PUPR terkait progres pembangunan IKN. Namun, sejauh ini kesiapan fasilitas dasar itu masih belum rampung.

Pada kesempatan itu, ia pun belum bisa memastikan kapan Keputusan Presiden (Keppres) pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN akan diterbitkan.

Jokowi hanya menyebut Keppres tersebut bisa saja diterbitkan sebelum atau setelah pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Oktober 2024.

“Kita tidak ingin memaksakan sesuatu yang memang belum jangan dipaksakan. Semuanya dilihat, progres lapangannya dilihat,” kata dia.

Jokowi menyebut pembangunan IKN masih terus berproses. Menurutnya, penerbitan Keppres secara sah untuk menandai pemindahan Ibu Kota Indonesia juga harus melihat kondisi pembangunan di IKN.

“Semuanya dilihat, progres lapangannya dilihat,” ujarnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti sebelumnya memastikan Presiden Jokowi berkantor di IKN mulai Juli.

Diana juga membeberkan progres pembangunan IKN di bawah kewenangannya untuk persiapan upacara HUT RI ke-79 sudah berkisar 82 persen.

Kementerian PUPR menargetkan agar proyek tahap awal bisa beroperasi secara fungsional dan dimanfaatkan pada akhir Juli. Salah satunya, Kantor Presiden Jokowi.

Ia merinci progres penyelesaian di Kantor Presiden IKN, salah satunya pemasangan bilah sayap burung garuda yang ditarget selesai akhir Juli. Dalam waktu dekat, Sumbu Kebangsaan yang terletak di depan Istana Presiden juga dipastikan selesai.

Sejumlah kantor menteri koordinator juga ditargetkan fungsional dan bisa digunakan. Termasuk pula jalan-jalan di depan Istana Presiden juga sedang dikebut agar rampung pada Juli mendatang. Pasokan air bersih pun ditarget bisa masuk pada pertengahan Juli 2024.(cnn/DN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih