Gawat, Okupansi ICU RSHS Bandung untuk Pasien Corona Sudah 91 Persen

Pintu masuk RSHS Bandung

Bandung, desernews,com
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengalami peningkatan bad occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di ruang Intensive Care Unit (ICU) khusus pasien COVID-19 sebanyak 91 persen. Hal tersebut dikarenakan adanya lonjakan kasus positif selama tiga bulan terakhir.

“BOR ICU rata-rata sudah mencapai 91 persen,” ujar Direktur Utama RSHS Bandung Nina Susana Dewi dalam keterangannya yang diterima, Rabu (30/12/2020).

Selain ruang ICU, okupansi rata-rata ruang isolasi pun mengalami peningkatan antara 70-80 persen. Setidaknya dari awal pandemi, RSHS mencatat telah melayani 2.057 kasus yang terdiri dari pasien suspect dan confirm.

“Dan rata-rata saat ini kita merawat sekitar 110 sampai 120 kasus COVID-19 di RSHS,” ujarnya.

Dia menyebutkan, RSHS menjadi salah satu rumah sakit rujukan infeksi nasional yang menerima pasien dengan gejala sedang hingga berat. Untuk itu, gedung kemuning yang terdiri dari lima lantai diisi dengan pasien COVID-19.

“Gedung kemuning 5 lantai, 4 lantai sudah digunakan untuk covid sebanyak 155 tempat tidur dengan 11 tempat tidur ICU. Sehingga dengan pasien yang disebutkan sekian (110-120 pasien) bor icu rata-rata sudah mencapai 91 persen,” katanya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap ikut berkontribusi atas penyebaran virus Corona dengan menerapkan protokol kesehatan atau berdiam diri di rumah. “Rshs sendiri bisa saya sampaikan bahwa pada September kami melakukan test masif bagi 4 ribu orang dan alhamdulillah positif rate nya 0,3 persen artinya kontak dan pemaparan petugas pasien itu sangat kecil,” ujar Nina.

Tetapi kemudian bertambah dengan adanya libur di bulan November yang mencatat positivity rate dari tracing naik 0,28. Berdasarkan kajian, penularan petugas bukan dengan pasien melainkan dari komunitas-komunitas seperti di tempat umum, kerumunan, naik kendaraan umum, keluar kota dan sebagainya.

“Sehingga kami mengharapkan bahwa masyarakat ikut berperan secara aktif untuk mencegah diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi dengan selalu rutin mencuci tangan baik dengan sabun atau alkohol, hand sanitizer, memakai masker yang baik yang menutupi hidung dan selalu menjaga jarak satu meter,” pungkasnya. (detik.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih