Advertisement

Menikmati Panorama Sekitar Rawa Pening di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jateng

Tempat ini didirikan di tengah perkebunan kopi milik PTPN IX dengan luas kurang lebih 400 hektar

Pengurus Spbun PTPN 3 Medan, asyik menikmati kopi di Cafe Kampoeng Kopi Banaran.

desernews.com
Sore itu, kami Rombongan Spbun PTPN III Medan, berkemas-kemas dari Hotel tempat kami menginap di Jogjakarta untuk berangkat menuju Kawasan Perkebunan Kopi PTPN IX di Ungaran Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jarak Kota Jogjakarta-Ungaran berkisar 110 km, ditempuh dengan bus Pariwisata selama 2 jam 10 menit, lewat jalan Tol.

Menjelang pukul 20.00 wib, kami tiba dilokasi tujuan yaitu kawasan perkebunan kopi kampung Banaran, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Kami bermalam di Ungaran dan Pihak PTPN IX telah bersiap menyambut dan menempatkan kami di lokasi penginapan _Coffee Camp_, yang sangat sejuk udaranya dan asri serta bersih.

Kebetulan, tujuan kami adalah bersilaturahmi dengan Dirut PTPN IX Tio Handoko saat itu, yang kebetulan mantan Ketua Umum Spbun PTPN 3 Medan dan acara pelepasan dua Pengurus Spbun PTPN 3 Medan yang memasuki masa purnabakti, sekaligus mengenalkan lokasi wisata Kampoeng Kopi Banaran.

Mengenal Lokasi Wisata Kampoeng Kopi Banaran
Pandemi Covid-19 yang melanda sejak beberapa tahun terakhir berdampak pada berbagai sektor, termasuk pariwisata. Banyak tempat wisata sempat mati suri karena tidak ada wisatawan berkunjung.

Beruntungnya, setelah dua tahun berlalu, angka kasus Covid makin menurun. Pemerintah pun mulai melonggarkan aktivitas masyarakat termasuk peraturan untuk berlibur semakin mudah.

Geliat pariwisata pun mulai meningkat. Hampir semua tempat wisata terus berbenah untuk kembali meningkatkan kunjungan wisatawan, termasuk di daerah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Berbicara mengenai destinasi wisata di daerah tersebut, ada banyak sekali. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Bagi yang ingin menikmati sensasi baru, berlibur dengan pengalaman unik, bisa datang ke Kampoeng Kopi Banaran, Jawa Tengah.

Berlokasi di Kecamatan Bawen, Kampoeng Kopi Banaran ini berada di ketinggian 480 hingga 600 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki udara sangat sejuk.

Tempat ini didirikan di tengah perkebunan kopi milik PTPN IX dengan luas perkebunan kurang lebih 400 hektar. Banyak keseruan dan aktivitas yang ditawarkan di tempat ini.

Nah kali ini kita akan menelisik fakta menarik Kampoeng Kopi Banaran. Apa saja yah? Berikut ulasannya :

Lokasi swafoto yang cukup menarik, dengan latar belakang pegunungan Unggaran di Kampoeng Kopi Banaran.

1. Glamping.
Berlokasi di atas perbukitan dengan suasana yang sejuk, tempat ini cocok untuk berkemah. Kampoeng Kopi Banaran menghadirkan penginapan yang diberi nama Coffee Camp.

Namun tak perlu khawatir, Coffee Camp ini sudah tersedia tenda, lengkap dengan kasur, bantal, dan kipas angin yang cukup besar.

Jadi pengunjung tak perlu repot untuk membuat tenda sendiri. Karena pihak pengelola telah menyediakan, kami pun sempat menikmati sensasi bermalam di Coffee Camp.

Coffee Camp ini memiliki pemandangan langsung dengan Rawa Pening. Saat cuaca cerah, pengunjung bisa melihat indahnya matahari terbit.

Suasana malam terasa begitu tenang dan hanya terdengar suara jangkrik. Tempat ini pastinya cocok untuk anda yang ingin melepas penat.

Bersama Dirut PTPN IX Tio Handoko (duduk) di Kampoeng Kopi Banaran.

2. Menikmati Keindahan 7 Gunung.
Hal menarik lainnya, yang ditawarkan di Kampoeng Kopi Banaran adalah pemandangan panorama yang begitu indah. Gimana tidak, tempat ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yakni Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Selain itu, ada juga pemandangan Rawa Pening yang begitu indah. Jika pagi hari, ada kabut yang terlihat begitu cantik.

Bagi yang ingin Off Road tersedia Jeef Sewa.

3. Offroad di kebun kopi.
Bagi kamu yang suka dengan aktivitas ekstrem, bisa offroad sambil berkeliling di kebun kopi. Banyak pengunjung yang berkesempatan untuk ikut merasakan offroad dengan paket short trip menggunakan mobil jeep.

Perjalanan diawali dengan medan yang masih landai, dengan pemandangan cukup indah. Beberapa menit kemudian mulai menanjak dengan kontur tanah yang tidak rata sehingga membuat para penumpang di mobil offroad harus berpegangan erat pada mobil.

Hal yang menarik, setelah sampai di atas bukit, pengunjung bisa meminta driver untuk berhenti sejenak dan menikmati pemandangan gunung dan rawa pening yang terlihat sangat indah.

Pengunjung pun bisa mengabadikan beberapa foto di bukit tersebut. Untuk paket short trip ini, memakan waktu satu jam.Salah satu tips untuk yang ingin mencoba offroad, lihat cuacanya terlebih dahulu, bila mendung sebaiknya siapkan jas hujan dan juga jaket karena cuacanya cukup dingin.

Untuk harganya sendiri, offroad dengan paket short trip dibanderol Rp 250.000 cukup tiga sampai empat orang, sementara itu long trip dibanderol Rp 500.000 dengan durasi 2 jam.

Acara pelepasan dua Pengurus Spbun PTPN 3 H. Suhartoyo dan Ahmad Bachtiar Lumbantobing, yang memasuki Masa Purnabakti, di Kampoeng Kopi Banaran, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jateng.

4. Wisata Edukasi.
Bagi pengunjung yang mengajak keluarga dan memiliki anak kecil tak perlu khawatir, karena Kampoeng Kopi Banaran ini menyajikan aktivitas seru yang ramah anak.

Mulai dari berkuda, ATV, outdoor activities, jogging track, hingga berkeliling di kebun kopi dengan kereta wisata.Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan kopi mulai dari cara memetik hingga pengolahan biji kopi.

Ada juga museum kopi yang dapat mengetahui mengenai sejarah kopi, sehingga para pengunjung mendapat banyak pengalaman seru.

Mobil golf, yang siap kapan saja antar-jemput pengunjung kelokasi wisata terdekat di Kampoeng Banaran.

5. Bersantai di restoran sambil menikmati kopi khas Banaran.
Kopi Banaran memiliki beberapa restoran yang bisa jadi pilihan pengunjung. Yang pertama ada Banaran 9, restoran ini menawarkan berbagai menu tradisional khas Jawa seperti wedang dan mendoan.

Restoran ini memang menawarkan konsep tradisional rumah Jawa yang cukup unik.Kalau pengunjung ingin gaya lebih modern, tempat ini juga memiliki restoran Banaran Sky View.

Tempat ini biasanya jadi favorit anak muda, karena memiliki pemandangan cukup indah, yakni Rawa Pening dan juga hamparan pegunungan. Banyak menu makanan yang ditawarkan di tempat ini dan pastinya lebih ke makanan yang modern.

Setiap sore hingga malam, akan ada live music dengan lagu-lagu yang bisa kamu request. Selain itu, ada juga movie camp yang merupakan resto favorit anak muda.

Di tempat ini, menghadirkan makanan barbeque. Menariknya restoran ini dibuat konsep seperti sedang berkemah dengan disediakan tenda.

Selain itu, ada juga layar besar untuk para pengunjung menonton film. Movie camp ini memang sengaja disediakan untuk para pengunjung yang ingin menikmati makanan barbeque lezat sambil bersantai menonton film favorit.

Untuk harganya, movie camp ini berkisar Rp 99.000 sampai Rp 300.000.

6. Menikmati intimate concert.
Menurut Informasi yang diterima penulis, sejak Januari 2022 pihak pengelola menggelar acara concert intimate di Kampoeng Kopi Banaran. Hal tersebut bertujuan untuk melepas kerinduan para masyarakat akan konser musik.

Intimate concert ini, konser terbatas menghadirkan musisi-musisi lokal dengan membawakan lagu-lagu lintas generasi.

“Antusiasnya luar biasa, karena pandemi kita membatasi penjualan tiket. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 250.000,” ujar pengelola kepada media ini saat ditemui di Kampoeng Kopi Banaran.

7. Mencicipi kuliner unik.
Kopi Banaran juga menghadirkan banyak kuliner yang unik, salah satunya adalah nasi goreng kopi.

Nasi goreng kopi ini, salah satu andalan di restoran Banaran Sky View. Rasanya cukup unik karena menggunakan kopi jenis robusta yang dimasak langsung dengan nasi goreng.

Tampilan nasi gorengnya sendiri seperti nasi goreng kampung. Rasa kopinya tidak merusak cita rasa asli nasi goreng dan cocok disantap di waktu kapan saja. Untuk satu porsi nasi goreng kopi, dijual dengan harga Rp 31.000. Selamat menikmati.
Catatan Perjalanan: H. Suhartoyo
Bersama Spbun PTPN 3 Medan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih