Jelang Pemilu Harga Sembako Merangkak Naik di Lubuk Pakam

Pedagang di Pasar Tradisional Lubuk Pakam mengeluh karena harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik menjelang Pemilu.

Lb Pakam, desernews.com
Harga barang kebutuhan pokok masyarakat di pajak tradisional Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang mulai merangkak naik menjelang Pemilu 2024 yang tinggal 2 pekan lagi. Mulai dari gula pasir, beras, minyak goreng hingga sayur mayur, rempah dan ikan laut.

Pantauan di lapangan, pada Rabu (31/1/24) harga sembako seperti beras premium mencapai Rp 15-16 ribu/ kg, sebelumnya Rp 12-13 ribuan per kilogram. Minyak goreng curah normalnya Rp 14 ribu /kg kini mencapai Rp 17 ribuan/kg, minyak kemasan biasa Rp 14 ribu/kg kini naik menjadi Rp 16 ribu/kg.

Kenaikan juga terjadi pada harga bumbu dapur dan sayuran. Ikan laut juga naik hingga 20 persen dari harga biasa termasuk daging ayam potong dan ayam kampung.

Sejumlah pedagang pun terkesan menyalahkan pemerintah terkait kenaikan tersebut. Menurut mereka kenaikan kebutuhan barang pokok terkesan dinaikkan menjelang Pemilu.

“Hampir semua bahan makanan yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari naik drastis harganya. Kita jual harga mahal, karena belinya juga naik,” kata Ruslan salah seorang pedagang di Pajak Delimas Lubuk Pakam.

Ditambahkan pedagang lain, beras, gula dan minyak goreng sudah dua bulan terakhir naik. “Mungkin pengaruh mau Pemilu, harga jadi naik semua,” ujar Rizal, pedagang sembako tersebut.

Senadah dikeluhkan pedagang lain bernama Helen Boru Simbolon. Kenaikan harga kebutuhan dapur itu menyusahkan masyarakat yang bukan pegawai negeri atau pejabat pemerintahan.

“Mereka sibuk politik, kita rakyat kecil dengan penghasilan minim sibuk mikirin perut bagaimana tidak kelaparan setiap hari. Mereka berpolitik dapat jabatan dan gaji besar. Tapi rakyat jadi korban, apa-apa mahal saat ini. Beras, gula, minyak, sayur semua mahal. Nanti dikasih BLT (Bantuan Langsung Tunai) dua hari sudah habis dibelanjakan besoknya susah lagi,” ucap Helen selaku pedagang kelapa dan sembako.(03/DN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih