Akibat Banjir Bandang, Puluhan Hektar Tanam Padi Warga Ulu Barumun Tidak Dapat di Panen

Puluhan hektar tanaman padi diareal persawahaan petani hancur disapu banjir bandang

Palas, desernews.com
Puluhan hektar lahan persawahaan milik petani di Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun mengelus dada dan meratapi nasibnya akibat tanaman padi dan perkebunan mereka disapu banjir bandang Jum’at (12/3) malam pekan lalu.

Banjir bandang berupa lumpur yang disertai potongan kayu akibat meluapnya Sungai Aek Jorbing dan sungai Batang Taris di Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun. Selain merobohkan enam rumah dan dua rusak berat juga merusak puluhan hektar areal persawahan.

Pj. Kepala Dinas Pertanian palas, Falah Alfitri Daulay STP, melalui petugas pengendalian organisme pengganggu tanaman -pengendalian hama penyakit (POPT-PHP) Ulu Barumun, Ardinah Hasibuan mengatakan , keadaan ini telah didata pihak Dinas Pertanian Kabupaten Palas.

Banjir bandang yang melanda Desa Pintu Padang, Paringgonan, Matondang dan Simanuldang, selain merusak beberapa bangunan juga merusak areal lahan pertanian masyarakat.

“Diperkirakan luas areal lahan pertanian masyarakat yang rusak sedikitnya 15 hektar,” jelas Ardinah .

“Adapun luas tanaman padi masyarakat yang mengalami puso diperkirakan 7,25 hektar, dan seluas 14,5 hektar nyaris tertutup lumpur ,” ungkap

Kata dia , usia tanaman padi yang rusak bervareasi, ada yang menunggu waktu panen, yang baru berumur 70 hari serta ada yang baru di tanam.

Salah satu petani warga Desa Pintu Padang yang terkena dampak banjir bandang bermarga Daulay dan Rahmat menuturkan , tanaman padi milik mereka mengalami puso karena tertimbun lumpur,Minggu (14/3/2021)

Areal persawahan yang gagal panen akibat banjir bandang lumpur disertai potongan kayu yang melanda di kecamatan Ulu Barumun lokasi persawahan saba lombang

“Padi yang telah menguning tinggal menunggu panen ,telah habis disapu banjir .Hanya potongan -potongan kayu yang tersisa diareal sawah ,” beber Hasibuan dengan mata berkaca -kaca (ISN/DN)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih