Advertisement

Pertalite Akan Dihapus Tahun Depan, Ini Produk Penggantinya

Pertalite akan dihapus dari peredarannya mulai tahun depan, meski begitu Pertamina telah menyiapkan penggantinya. Foto : Ilustrasi.

Jakarta, desernews.com
PT Pertamina buka suara soal rencana penghapusan BBM RON 90 alias Pertalite pada tahun 2024.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, pihaknya berencana menaikan kadar oktan Pertalite menjadi RON 92.

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari Program Langit Biru yang dimulai Pertamina sejak dua tahun silam. Sebelumnya, Pertalite secara perlahan menggantikan posisi BBM RON 88 (Premium).

“Karena aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuranan, oktan yang boleh dijual di Indonesia minimum oktan 91,” kata Nicke dalam RDP Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8).

Adapun, produk baru ini nantinya dinamai Pertamax Green 92.

Nicke menjelaskan, dengan menaikkan kadar oktan Pertalite pada tahun depan maka Pertamina dapat memenuhi persyaratan dari aspek lingkungan serta turut menekan emisi karbon. Selain itu, langkah ini diyakini dapat menekan impor gasoline.

Nicke menyebut, produk Pertamax Green 92 merupakan BBM Pertalite yang dicampur dengan 7% etanol (E7).

Dengan kondisi ini, pada tahun depan Pertamina hanya akan menjual tiga produk BBM gasoline yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.

Nicke pun berharap dukungan untuk penghapusan pengenaan bea untuk produk etanol.

Menurutnya, selama ini produk etanol dikategorikan sebagai produk alkohol sehingga masih dikenakan bea cukai.

“Kita masih belum memikirkan keuntungan karena masih ada penerapan bea cukai Rp 20.000. (Sementara) ini tidak digunakan untuk alkohol tapi untuk energi,” jelas Nicke.

Nicke menambahkan, pihaknya mengharapkan dukungan agar pengenaan bea untuk etanol ini dapat dihapuskan. Sejauh ini, produk Pertamax Green 95 yang mencampurkan 8% etanol pun turut dikenakan bea tersebut. (Ktn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih