Advertisement

129 Santri Lulusan Ponpes Darularafah Berhasil Masuk PTN dan PTKIN

Ponpes Darul Arafah
Kunjungan kerja Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi ke pesantren Darularafah Raya, pada Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 lalu.

Medan, Dessernews.com
Pondok Pesantren Darularafah Raya yang berlokasi di Jalan Berdikari Desa Lau Bakeri, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, berhasil menghantarkan 129 santri dan dyah lulusannya masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) pada tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, 89 santri diterima melalui jalur Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBP), sedangkan 40 santri melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Keberhasilan ini, menurut Pimpinan Pondok Pesantren Darularafah Raya H. Indra Porkas Lubis, M.A, yang ditemui wartawan pada Minggu (7/4), tak terlepas dari upaya Ponpes ini dalam menyelenggarakan berbagai program persiapan untuk mengantarkan setiap lulusannya ke perguruan tinggi impian mereka.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Santri Pembela Nusantara (DPP SPN) ini juga menjelaskan program-program dimaksud antara lain Program Bimbingan Belajar Menuju Perguruan Tinggi Negeri, Program Bimbingan Belajar Persiapan Ke Timur Tengah, dan Program Bimbingan Belajar Sekolah Kedinasan.

H Indra Porkas Lubis yang ditemani Sekjend DPP SPN M. Ikbal Parinduri, lebih jauh memaparkan bahwa Ponpes yang didirikan oleh Almarhum Amrullah Naga Lubis ini, juga menawarkan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong santri untuk meraih prestasi, yang menjadi modal penting dalam pencapaian mereka untuk masuk ke perguruan tinggi favorit.

Bagi yang tertarik, Pondok Pesantren Darularafah Raya telah membuka penerimaan santri dan dyah baru untuk tahun ajaran 2024-2025. Waktu pendaftaran tersedia dalam tiga gelombang, dimulai dari 15 Januari hingga 31 Juli 2024. Pondok ini membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan formal di tingkat MTS, SMP, MAS, dan SMA.

Sementara, Sekjend DPP SPN, M. Ikbal Parinduri, yang juga mantan Ketua Umum BKPRMI Sumut, menambahkan, Pondok Pesantren Darularafah Raya tidak hanya memberikan pendidikan akademik yang baik, tetapi juga memperhatikan pengembangan karakter dan potensi santri dan dyahnya.

“Dengan berbagai program unggulan dan dukungan sarana serta prasarana modern, pesantren ini mampu membantu setiap santri dan dyah dalam meraih kesuksesan di masa depan,” ujar Ikbal.

Disebutkan, ada 8 Program Unggulan di pesantren ini yang mencakup berbagai aspek, seperti tahfidz Al-Qur’an, pembelajaran bahasa Arab dan Inggris, serta kelas unggulan sains, pesantren ini memberikan pendekatan holistik dalam pengembangan potensi santri dan dyahnya.

Maka itu, menurut Ikbal, para orang tua yang masih mempertimbangkan ke sekolah mana akan memasukan anak-anaknya agar memiliki bekal ilmu yang cukup, memiliki kecerdasan dan kecakapan serta bisa lebih mudah masuk ke PTN ataupun PTKIN, maka Pesantren Modern Darularafah Raya adalah pilihannya.

“Dengan prestasi gemilang yang telah diraih, Pesantren Darularafah Raya tidak hanya menjadi pilihan yang tepat bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anaknya di pesantren, tetapi juga memberikan keyakinan bahwa pendidikan pesantren dapat menjadi landasan yang kokoh dalam membangun karier dan kehidupan yang sukses bagi generasi muda,” ujar Ikbal yang merupakan alumni ke 5 Pondok Pesantren Darularafah Raya.

Apalagi, lanjut M Ikbal yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Dahwah Islamiyah/MDI Sumut, dengan dukungan sarana dan prasarana yang modern, Ponpes Darularafah menjamin lingkungan belajar yang kondusif bagi perkembangan spiritual, intelektual, dan fisik setiap santri dan dyahnya.

H. Indra Porkas Lubis kembali menimpali bahwa dirinya bersama Dr. H. Harun Lubis, S.T., M.Psi. selaku pimpinan di Ponpes ini, sangat komit membawa Darularafah menjadi lembaga pendidikan yang unggul. “Sehingga, Darularafah menjadi pilihan utama bagi para orang tua yang menginginkan pendidikan Islam yang berkualitas bagi anak-anak mereka,” tutup H Indra Porkas. (bs/DN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih