Advertisement

Melongok Pesona Salju Panas Dolok Tinggi Raja Simalungun

Pengunjung muda-mudi asyik bermain di kolam air panas yang sangat eksotik.

desernews.com
Dolok Tinggi Raja adalah sebuah tempat yang terletak di Desa Dolok Merawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Lokasinya masih dalam wilayah kewenangan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA Sumatera Utara yang terpisah jarak 90 kilometer dari pusat Kota Medan.

Dulu, Dolok Tinggi Raja adalah kawasan cagar alam. Namun kini, sebagian wilayah Dolok Tinggi Raja menjadi taman wisata alam. Para pelancong perlu mengetahui status ini agar tak salah kaprah ketika berkunjung lantaran statusnya sudah berubah dari cagar alam yang tak boleh disentuh sama sekali, menjadi taman wisata alam.

Di masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, Cagar Alam Dolok Tinggi Raja merupakan kawasan Hutan Lindung Sianak-anak I dan Hutan Lindung Sianak-anak II. Kedua kawasan konservasi ini masing-masing ditetapkan sebagai hutan lindung pada 1916 dan 1918.

Penetapannya dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan bersama raja-raja di Simalungun.

Lantaran keunikan ekosistem dan keanekaragaman hayati yang dimilikinya, maka raja-raja di Simalungun bersepakat lagi untuk meningkatkan status kedua hutan lindung tersebut menjadi cagar alam seluas 167 hektare.

Kesepakatan ini diterakan dalam bentuk Zeelfbestuur Besluit No. 24 Tanggal 18 April 1924.

Kawasan ini telah dilindungi sejak tahun 1924 melalui keputusan bersama raja-raja Simalungun

Tempat Wisata Salju Dolok Tinggi Raja adalah sebuah tempat wisata yang eksotik dikawasan cagar alam seluas 176 hektar, sementara luas kawah Salju Dolok Tinggi Raja mencapai 4 hektar yang berada kawasan hutan hujan tropis dataran rendah yang subur dan hijau dengan komposisi pohon beraneka ragam.

Terlihat kepulan asap dari sumber air panas sebuah bukit di Lokasi Wisata Air Panas Dolok Tinggi Raja, Silau Kahean, Simalungun.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja
Potensi flora yang tumbuh di kawasan ini di dominasi oleh Meranti (Shorea Parfiola), Kenari (Cannarium sp), Malu Tua (Tristia sp), Anggrek (Bulbophylum sp) Kantung Semar (Nephentes sp) serta Pandan (Pandanus sp) di tengah-tengah kawasan hutan dengan pohon-pohon tinggi dan lebat.

Walaupun menuju kawasan wisata ini cukup sulit, namun Anda akan di buat takjub jika memandang Pesona Keindahan Salju Panas Dolok Tinggi Raja, dimana bukit kapur dan aliran air panas menyatu membuat hamparan yang menyerupai salju. Sangat indah dan menakjubkan.

Di tempat ini, Anda dapat melakukan aktivitas mandi di kolam dibagian bawah kawah atau menikmati pemandangan alam sambil mengabadikan moment-moment yang indah dengan kamera Anda.

Keunikan dan pesona dari kawasan ini adalah, potensi sumber air panas berasal dari endapan-endapan kapur, yang terbentuk dari proses panas bumi mengandung belerang, sehingga membentuk teras-teras tanah kapur mencapai luas sekitar 35 hektar.

Aliran air panas yang menyatu dengan air sungai, bisa Anda manfaatkan untuk mandi karena airnya terasa hangat-hangat kuku.

Sumber air panas suhunya bisa mencapai 90 derajad ini, berasal dari celah-celah bukit kecil yang ada di sekeliling kawasan tersebut.

Air panas mengalir diantara bebatuan kapur, membuat bebatuan tersebut berwarna putih bersih seperti salju.

Inilah kolam-kolam alami, penampungan air panas dari celah rekahan tanah di bukit Tinggi Raja.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja
Bukit-bukit kapur yang dilalui air panas, menjadikan kawasan ini menjadi begitu unik dan menarik untuk di pandang dan di abadikan.

Selain itu, aliran air panas yang melewati bebatuan diselimuti lumut hijau, dapat menciptakan sebuah karpet berwarna hijau keputihan, sangat menggagumkan untuk dipandang.

Sementara itu, pada bagian atas kawah terdapat sebuah kolam alam yang tidak terlalu lebar, berisi gelembung air panas dari dasar kolam. Tetapi karena panasnya air serta rapuhnya kolam, menjadikan tempat ini dilarang untuk Anda mandi atau berenang.

Aliran air panas ini akan mengalir ke semak-semak yang mengering dan akan bermuara ke sebuah danau berwarna biru kehijauan.

Pada bagian bawah tebing, Anda dapat menikmati air kolam berhawa sejuk, dengan air terjun kecil yang dapat Anda gunakan menyegarkan diri setelah lelah berjalan-jalan.

Air dalam kolam yang mengandung belerang ini, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, kudis atau eksim.

Pesona Alam Salju Panas Dolok Tinggi Raja yang cukup unik akibat adanya panas bumi masih aktif, dapat berpindah-pindah.

Bukit-bukit hasil endapan kapur, yang terlihat sudah tidak aktif lagi, sewaktu-waktu dapat aktif kembali. Hal ini menunjukkan kondisi panas bumi dan bukit-bukit kapur tersebut tidak stabil

Ketidakstabilan inilah yang menjadikan perlindungan kawasan menjadi sangat penting untuk tetap di jaga kelestariannya, demi kestabilan ekosistem hutan dan kawasan sekitarnya.

Jika tidak ingin mandi atau berendam diair panas, pengunjung cukup memandangnya dengan penuh kekaguman, atas ciptaan Ilahi yang sangat menakjubkan.

Akses menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja
Jalur pertama yang bisa Anda tempuh menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja, adalah melalui Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Raja Tinggi.

Jalur kedua, melalui Dolok Masihul – Nagori – Dolok Tinggi Raja, serta jalur ketiga melalui Medan – Lubuk Pakam – Galang – Bangun Purba – Dolok Tinggi Raja.

Sedang kalau dari Tebingtinggi-Simpang Kerapuh Bangun Bandar-Dolok Tinggi Raja. (H. Suhartoyo)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Harap nonaktifkan aplikasi AdBlock nya terlebih dahulu.. Terima Kasih